Wednesday, 11 March 2020

Menjadi Konten Kreator Sebenarnya Tidak Pernah Terbayangkan Sebelumnya.

Menjadi konten kreator sebenarnya tidak pernah terbayangkan sebelumnya.Tapi jika dilihat 10 tahun ke belakang, itu merupakan awal mula perkenalan saya dengan dunia digital atau internet. Di mana saat itu saya yang merupakan operator warnet yang tentu punya fasilitas komputer dan akses internet 24 jam. Di sanalah saya mulai mengexplore berbagai platform blog dan sosial media walau hanya sebatas buat akun dan tidak pernah dikelola.

Kemudian bermulai dari gmail, saya seolah menemukan dunia baru, maka akun-akun lainnya yang terhubung seperti YouTube dan blogger pun mulai iseng-iseng saya isi dengan berbagai dokumentasi. Tentunya karena saat itu alat perekam pun masih sangat seadanya maka kualitasnya sangat jauh dari kata bagus, namun ada kepuasan batin yang tersemat setelah saya posting konten di you tube dan blog walaupun tidak ada yang nonton selain saya sendiri.

Keluar dari warnet saya mulai kuliah dengan dunia yang ternyata tidak jauh dari computer dan internet, yakni jurusan informatika.

Dari sana kegiatan saya dengan hardware dan software selalu ada setiap harinya apalagi ketika ada tugas membuat software atau istilah gaulnya "ngoding".
Di sela-sela kegiatan kuliah saya pun masih mengisi akun youtube dan blog walau hanya sekedar dokumentasi tugas atau hal unfaedah lainnya seperti vlog dan nyanyi-nyanyi gak jelas. Tujuannya sendiri memang hanya sebagai hiburan untuk melepaskan stress dan juga dokumentasi.

Setelah masuk ke dunia pekerjaan, kegiatan iseng saya dalam hal mengisi konten di youtube tidak pernah berhenti walaupun tidak teratur. Hingga pada suatu hari ada email dari youtube bahwa akun saya bisa dimonetisasi. Secara sederhana saya berpikir "wow" berarti bisa menghasilkan uang dong! Walau ternyata pada praktek tidak semudah membalikan telapak tangan. Tapi hal itu cukup membuat saya termotivasi setidaknya konten yang saya buat diapresiasi. Melihat adanya potensi untuk berkembang sedikit demi sedikit saya mulai memperbaiki kualitas konten. Dimulai dari mencari ide, upgrade hardware dan software.

Nah, pada saat ini, selain konten yang bagus juga jadi catatan adalah kualitas video atau konten. Resolusi video, kejelasan audio visual dan efek-efek yang bagus akan menjadi nilai plus daya tarik supaya banyak yang menonton. Tentu selain dari ide kreatif sang kreator, adalah faktor pendukung lainnya seperi hardware dan software yang bagus dan spesifikasi yang tinggi. Apalagi sebagai programer yang setiap hari menjalankan aplikasi berat seperti seperti sql server, oracle developer, remote server dan lain-lain tentu membutuhkan laptop super canggih untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas dari hasil kreasi dan juga pekerjaan.



Untuk menunjang itu semua, kalau ditanya laptop apa yang saya butuhkan dan inginkan? Yang langsung terngiang di benak saya tentu saja Laptop ASUS ROG, siapa yang tak tahu ROG. Kenapa ROG? Karena Asus ROG dilengkapi Prosesor Intel Core i7 Generasi ke-9, Memori RAM, Graphic, Storage dan spesifikasi canggih lainnya membuat proses editing video, rendering, gaming dan juga coding begitu mudah dilakukan.  

Cerita lainnya dari keisengan saya ini rupanya juga cukup menginspirasi teman-teman saya. beberapa yang menonton video di channel YouTube mulai bertanya berbagai hal tentang YouTube terutama monetisasinya, akhirnya mereka pun satu persatu mulai membuat channel YouTube. Mantappp

Mohon komentar yang bermanfaat...
Orang bijak, komentarnya juga bijak n_n


Your comment will be moderated first before posted

Thanks
EmoticonEmoticon