Tuesday, 6 November 2018

Dunia dalam Genggaman di Era Digital

Serunya Hidup di Era Digital
Betapa beruntungnya kita yang tumbuh dan berkembang pada era digital seperti saat ini. Bagaimana tidak, era ini adalah di mana saat ilmu pengetahuan berkembang begitu pesatnya, terutama dari segi teknologi informasi. Perkembangan teknologi ini memunculkan berbagai macam inovasi di dunia digital yang memudahkan kita umat manusia dalam memenuhi kebutuhan di berbagai aspek mulai dari bisnis, ekonomi, pendidikan, hiburan dan lain sebagainya. Bayangkan saja, paling tidak ketika orang tua atau kakek nenek kita masih berusia produktif saja harus menunggu beberapa hari untuk menerima kabar dari orang lain melalui surat yang ditulis pada secarik kertas. Sedangkan pada saat ini, dunia seolah berada dalam genggaman. Hanya dengan sentuhan jari dalam hitungan detik maka kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi dan yang lagi happening di belahan bumi yang lain.

Banyaknya pengembang dan teknisi yang berlomba-lomba menyajikan aplikasi menarik dan kaya manfaat. Dimulai dengan adanya 'Mbah Google' yang serba tahu, seringkali dijadikan tempat bertanya dan menggali informasi tentang segala hal . Mulai dari mencari data tugas sekolah, berita terkini, jadwal pertandingan olah raga, bahkan resep masakan ibu-ibu di dapur dan tidak terkecuali kita bisa bertanya tentang alamat suatu tempat lengkap dengan letak posisi tempat parkir bahkan toiletnya. Pengalaman saya pribadi, Hehe.

Gambar dari https://blogs.baruch.cuny.edu/digitalcombishop/?p=569

Fenomena Sosial Media
Era digital tentunya juga sangat berpengaruh terhadap gaya hidup para milenial yang tumbuh dan berkembang dewasa ini. Sosial media salah satunya. Maraknya aplikasi dan situs sosial media cukup mengubah pola sosial para penggunanya. Bagaimana tidak, dengan smartphone di genggangam kita bisa menemui siapapun, dari manapun tak peduli beda kota, provinsi, pulau, negara bahkan beda benua sekalipun. Menyapa dan bertatap muka dengan seseorang di kejauhan sana bisa dilaksanakan secara real time dengan hadirnya fitur live chatting dan video call hampir di setiap jenis sosial media apapun yang kamu gunakan.

Hadirnya facebook, twitter, instagram, tiktok, bigo beserta kroni-kroninya menggiring para penggunanya untuk aktif membagi setiap momen dan aktivitas kesehariannya menjadikan informasi pribadi seakan menjadi lebih terbuka sehingga siapapun bisa mengetahui kegiatan dan kabar terkini dari keluarga, teman, gebetan bahkan mantan, huuuuu. Apalagi pada dasarnya manusia mempunyai sisi psikologis ingin jadi pusat perhatian dan di sisi lain punya rasa penasaran atau keingintahuan yang cukup besar terhadap orang lain, netizen menyebutnya kepo. 

Tak hanya bisa dijadikan tempat ajang 'pamer'. Sosial media juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Banyak sekali orang-orang yang menjadi terkenal di sosial media baik karena karya yang menarik dan menghibur atau bahkan karena kontroversi sekalipun. Mereka memanfaatkan keviralannya untuk menjadi salah satu tambang menggali pundi-pundi emas. Adanya pergeseran atau bisa disebut tepatnya perluasan tempat mencari hiburan masyarakat dari yang mulanya media cetak, radio dan televisi sekarang merambah ke internet melalui sosial media. Hal itu dimanfaatkan para pengusaha dan pengiklan dengan menggaet sejumlah orang-orang yang tingkat popularitasnya di atas rata-rata atau biasa disebut selebgram untuk mempromosikan produknya yang lalu dikenal dengan istilah endorse. Betapa banyak yang saat ini kita tahu menjadi milyuner dengan cara yang satu ini. Sebut saja beberapa selebgram di Indonesia yang meraup ratusan juta rupiah perbulan melalui sosial media instagram dan YouTube seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Raditya Dik, Edho Zell, Time2one dan masih banyak yang lainnya. Dan seperti yang kita tahu bahwa presiden kita yakni Bapak Joko Widodo pun sering membagikan vlog di channel youtube-nya sehingga pada suatu kesempatan beliau bertanya mengenai cita-cita kepada seorang anak SD dan dengan gaya yang lantang namun tetap polos khas anak SD tersebut menjawab "Pengen jadi youtuber Pak" Alasannya cukup sederhana. Menurut dia ketika seorang Youtuber mempunyai subcriber yang banyak akan dapat menghasilkan uang.

Jual Beli di Dunia Maya
Hidup di zaman sekarang pun kita dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan dalam hal perniagaan. Semakin gencaranya pertumbuhan berbagai market place bak jamur di musir hujan. Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Mataharimall, blibli dan yang lainnya menjadi media jual beli favorit orang-orang kekinian. Para pedagang tak perlu punya lapak dalam wujud toko fisik untuk menjajakan barang dagangannya. Cukup dengan memajang di etalase maya maka dia sudah menjadi pengusaha atau pedagang. Pun dengan pembeli, tak perlu repot-report pergi ke pasar atau mall ketika ingin berbelanja. Cukup dengan membuka laptop atau telepon genggam, ketik nama produk yang dibutuhkan, pilih dan jadilah barang itu milikmu. Yap sesederhana itu keseruan bertransaksi pada zaman sekarang.

Lahirnya Layanan Transportasi Online
Selain cerita di atas, hal yang menjadi fenomena beberapa tahun terakhir ini adalah munculnya layanan transportasi berbasis aplikasi online. Adapun yang masih berjaya sampai saat ini adalah dua besar yakni Grab dan Gojek. Inilah yang saya rasa menjadi juara dalam hal inovasi penyambung aktivitas kehidupan berbagai kalangan. Layanan transportasi, belanja, kirim antar barang, layanan jasa kebersihan bahkan pijat ada juga lho di sini. Selain membuka peluang kerja bagi ribuan orang, kini profesi tukang ojek yang mungkin dipandang sebelah mata, mangkal di pangkalan atau perempatan jalan dengan penampilan sangar dan kurang good looking kini  seakan naik status sosialnya. Perbaikan penampilan dengan pemakaian seragam, standar kendaraan yang baik, aneka layanan yang beragam pula tentunya menjadikan Ojol, Ojek Online ini bukanlah tukang ojek biasa. Kini banyak pemuda yang gagah dan penampilan rapi pun tidak gengsi menjadi driver ojek online.

Tak hanya bagi pengendara, pengguna layanan ini pun tentunya tak mengenal tingkatan sosial, mulai dari pejabat, artis, selebritis dan rakyat jelata sudah sangat merasakan sekali manfaatnya. Meskipun dalam perjalanannya tidak mudah, cukup banyak gesekan sosial yang terjadi di berbagai tempat yang masih terkungkung dalam cara konvensional, namun perlahan namun pasti ojek online menjadi pilihan utama dalam membantu aktivitas sehari-hari.

Kolaborasi Adalah Kunci
Baiklah dari hal-hal di atas, yang paling menarik adalah kolaborasi dan integrasi berbagai platform tersebut. Begitu keren dan serunya ketika sosial media yang satu dan yang lainnya saling terhubung. Promosi video terbaru youtube di instagram, membagikan tautannya di twitter dan facebook akan meningkatkan kunjungan dan rating. Integrasi situs jual beli dan transportasi online menciptakan efisiensi dalam hal pengiriman barang ke tempat tujuan. Tak jarang iklan marketplace dan ojol di sosial media pun turut mendongkrak grafik penggunaan serta bermacam aktivitas transaksi di dalamnya. Seru sekali bukan.

Ayo Mulai Walau dengan Langkah Kecil
Tentunya kita, bagian dari generasi ini juga harus turut berkontribusi baik. Mulailah maju walaupun hanya dengan langkah kecil. Berbagi informasi melalui tulisan sederhana ini misalnya. Walau rangkaian kata yang kurang bermakna dan mungkin tidak menarik, semoga cukup bisa memberikan inspirasi. Menulislah mulai dari apa yang ada dalam dirimu. Luapkan isi hatimu supaya orang di luar sana pun tahu bahwa kamu punya suara untuk kemajuan dan kebaikan melalui sebuah blog atau website pribadimu. Kamu tahu penulis, youtuber dan selegbram kaya dan terkenal seperti Raditya Dika dan Kevin Anggara? Mereka memulai langkah melalui blog. Kini, saatnya kita mulai langkah itu.

Domain Murah dan Cara Buat Blog Profesional
Supaya blog-mu terlihat profesional jangan ketinggalan untuk memilih domain dan hosting yang keren. Dengan memakai domain seperti .com, .co.id, .net atau .org maka blog mu akan tampak lebih profesional, elegan dan terpercaya.  Untuk domain dan hosting murah dan berkwalitas jawabannya adalah Domainesia, pilihan terbaik ada pada Hosting murah untuk langkah kita berikutnya.

Well, menulis blog tidaklah sesulit yang orang takutkan tapi juga jangan sembarangan supaya tulisan dan blog-mu bernilai. Untuk membantu kalian yang baru menulis, tak perlu ragu untuk mengunjungi  Cara membuat blog untuk mencari pencerahan terkait langkah awalmu dalam menulis di blog layaknya seorang profesional.

Salam sukses kaum milenial!






Mohon komentar yang bermanfaat...
Orang bijak, komentarnya juga bijak n_n


Your comment will be moderated first before posted

Thanks
EmoticonEmoticon