Tuesday, 22 May 2018

Istilah Puasa dalam Bahasa Sunda

BULAN PUASA DI TANAH SUNDA

Ada beberapa istilah khusus dalam bahasa sunda yang biasa dipakai di bulan puasa, antara lain :
  • Ngabuburit, berasal dari kata burit yang dalam bahasa Sunda berarti sore, senja, petang. Oleh karena itu ngabuburit artinya segala kegiatan dalam rangka mengisi waktu menunggu berbuka puasa
  • Godin, entah dari mana asal kata godin, tapi sepertinya diambil dari lafadz niat puasa, yaitu nawaitu shouma ghodin. Padahal dalam arti sebenarnya, ghodin berarti esok hari. Namun secara brutal diartikan menjadi makan/minum atau kegiatan apapun yang bersifat membatalkan puasa secara sembunyi sembunyi, "tibeurang batur puasa manehna jajan samangka" lagunya Doel Sumbang.
  • Puasa bedug, puasa hanya sampai waktu bedug/sholat, bisa sampe dzuhur atau ashar biasanya untuk anak-anak yang sedang belajar puasa.
  • Puasa ayakan, plesetan dari "mun aya kadaharan nya dihakan" jadi batas waktu puasanya adalah ketika ada makanan, ya bisa dikatakan gak puasa juga sih, hehe
  • Puasa cacap, puasa pull 1 hari  👍 Cacap artinya tamat jadi diartikan puasanya tamat dari subuh hingga maghrib.
  • Ngadulag, berasal dari kata dulag yang artinya bedug, jadi ngadulag berarti kegiatan menabuh bedug sehabis tarawih atau ketika membangunkan orang untuk sahur.
Simak ulasannya di periode berikut

Mohon komentar yang bermanfaat...
Orang bijak, komentarnya juga bijak n_n


Your comment will be moderated first before posted

Thanks
EmoticonEmoticon